Yuk Simak Metode yang Bisa Bikin Kamu Makin Produktif! | Total IT

Yuk Simak Metode yang Bisa Bikin Kamu Makin Produktif!

By NV | 26 Mei 2023

Itu tandanya anda harus mulai belajar mengatur waktu agar lebih disiplin dan lebih efisien dalam mengatur waktu agar lebih produktif. Untuk menjadi pribadi yang produktif itu tidak bisa diciptakan secara instan karena membutuhkan komitmen dan kesediaan untuk mengatur waktu dengan baik. Menjadi produktif bukan hanya tentang bekerja lebih keras, melainkan bekerja cerdas.

Manfaat meningkatkan produktivitas diri

  • Pencapaian Tujuan

Dengan meningkatkan produktivitas, maka anda akan lebih mudah untuk menyelesaikan atau menggapai tujuan dari suatu aktivitas kita, baik profesional maupun personal.

  • Efisiensi waktu

Produktivitas yang lebih baik tentu berarti anda dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang sama. Hal ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas yang lain atau memiliki waktu yang lebih untuk beristirahat bahkan untuk self development.

  • Karir yang lebih baik

Di dalam dunia profesional, memiliki produktivitas yang tinggi merupakan nilai jual tambah bagi anda terhadap perusahaan sehingga dapat membantu anda dalam peningkatan karir

  • Keseimbangan Hidup

Keseimbangan hidup dapat dicapai dengan mudah jika memiliki produktivitas yang tinggi. Sebab anda dapat memiliki waktu yang banyak untuk diri anda sendiri seperti beristirahat, melakukan hobi, bersosialisasi, maupun keluarga tanpa mengganggu waktu bekerja.



Metode yang dapat membantu meningkatkan produktivitas

  • Getting Things Done (GTD)

Getting Things Done merupakan sistem manajemen tugas yang ditemukan oleh David Allen. Prinsip utama GTD adalah semakin banyak tugas, semakin sulit pula untuk memutuskan tugas apakah yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Sistem kerja GTD benar-benar dapat mempengaruhi produktivitas dalam bekerja. GTD tidak dapat diimplementasikan dalam waktu singkat, terdapat proses dan upaya percobaan yang konsisten. 

  • The 80/20 Rule (Pareto Principle)

Prinsip dasar Pareto menyatakan bahwa 80% hasil berasal dari 20% tindakan. Jika memiliki jenis pekerjaan apa pun yang dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, prinsip Pareto dapat membantu Anda mengidentifikasi bagian dari pekerjaan itu yang paling berpengaruh. Aturan 80/20 dapat membantu Anda meningkatkan metrik dalam waktu yang lebih singkat hanya dengan memprioritaskan inisiatif dalam urutan yang benar.

  • The Ivy Lee Method

Metode ini melibatkan penulisan enam tugas terpenting yang harus dilakukan esok hari pada malam sebelumnya. Kemudian, di pagi hari, mulailah dengan tugas pertama dan lanjutkan sampai selesai, kemudian lanjutkan ke tugas berikutnya.

  • Eisenhower Box

Eisenhower Box adalah kerangka kerja yang dibuat sederhana untuk mengukur skala prioritas tugas serta bagaimana mengelola beban kerja. 

Metrik yang digunakan merupakan sebuah cara atau strategi yang akan anda terapkan untuk memilih mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu antara hal yang penting dan hal yang mendesak. Di dalamnya kamu harus melakukan evaluasi tugas sesuai beban kerja yang akan dilakukan. 

  • Podomoro

Francesco Cirillo merupakan penemu teknik produktivitas Pomodoro di tahun 1980 saat ia berada di masa kuliah. Teknik ini mengacu pada manajemen waktu dengan interval waktu tertentu dan diselingi oleh waktu istirahat. Hal ini agar kondisi fisik dan psikis tidak bekerja terlalu keras.






https://roketin.com/Insight/menjadi-produktif-dengan-metode-getting-things-done-gtd

https://docheck.id/mengatur-waktu-menggunakan-5-metode-populer-yang-efektif/

https://visecoach.com/articles/read/cara-simpel-meningkatkan-produktivitas-diri

https://asana.com/id/resources/pareto-principle-80-20-rule

https://www.sekolah.mu/blog/umum/lebih-fokus-belajar-dengan-metode-pomodoro#:~:text=Istilah%20Pomodoro%20berasal%20dari%20Italia&text=Francesco%20Cirillo%20merupakan%20penemu%20teknik,psikis%20tidak%20bekerja%20terlalu%20keras





Latest Projects