Tips Membangun Brand Awareness yang Bermanfaat untuk Bisnis | Total IT

Tips Membangun Brand Awareness yang Bermanfaat untuk Bisnis

By NV | 03 April 2023

Brand awareness merupakan suatu istilah dalam strategi pemasaran yang dapat menggambarkan tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk. Mempromosikan produk baru atau menghidupkan kembali merek lama merupakan salah satu langkah tepat untuk membangun brand awareness


​​Kemampuan konsumen untuk mengenali dan mengingat suatu merek sangat perlu dibentuk dan dipelajari karena merupakan faktor utama yang mendorong perilaku konsumen pada saat keputusan pembelian. Sebelum Anda memiliki merek yang paling dikenal oleh konsumen, Anda harus membuat beberapa merek terlebih dahulu. Branding adalah suatu proses atau usaha yang bermanfaat dalam memberi arti pada produk atau jasa. 


Hal tersebut berarti, Anda sebagai pemilik brand harus menciptakan image yang baik dan kuat pada benak publik, serta strategi yang dapat dikembangkan perusahaan untuk mendukung proses pengenalan dengan cepat. Dengan cara ini, produk dan layanan Anda berbeda dari produk dan layanan yang sudah ada di pasaran.


Tujuan utama dari brand awareness adalah untuk meningkatkan loyalitas melalui banyak cara. Ketika Anda membeli air mineral, secara alami Anda memikirkan satu atau beberapa merek air mineral yang mereknya melekat kuat dalam ingatan Anda. 

Peran Penting Brand Awareness 

Dalam suatu bisnis brand awareness menjadi hal yang sangat penting. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen membeli produk atau layanan jasa untuk pertama kalinya. Brand awareness digunakan sebagai alat ukur kinerja suatu merek sehingga dapat membuat konsumen terus melakukan pembelian. 

​​Hal ini juga merupakan kunci penting di dalam perencanaan pemasaran dan strategy development. Selanjutnya brand awareness dapat dikategorikan menjadi 3 tingkatan, yaitu:

  1. Brand recognition atau aided recall, merupakan kemampuan konsumen untuk mengenali suatu produk saat mereka melihat produk tersebut.

  2. Brand recall atau unaided recall, mengacu pada kemampuan konsumen untuk mengingat nama sebuah merek berdasarkan kategori produk. Pada tingkatan ini, setiap konsumen cukup mendengar kategori produk atau melihat sekilas produk yang mereka butuhkan untuk mengingat merek produk tersebut.

  3. Top-of-mind awareness, mengacu pada merek atau produk tertentu yang muncul pertama kali di pikiran konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu.

Manfaat Brand Awareness

Berikut ini beberapa manfaat brand awareness bagi pemilik usaha:

Menciptakan brand awareness adalah kunci dalam mempromosikan produk baru atau menghidupkan kembali merek lama. Idealnya, brand awareness dapat mencakup kualitas yang membedakan produk dari pesaingnya.

Lantas, bagaimana cara membangun brand awareness? Berikut tips dan langkah-langkah membangun brand awareness yang dapat dilakukan:

  1. Membuat Nama, Logo, dan Tagline yang Unik

Pada awal membangun brand awareness, pelaku bisnis dapat mulai dengan nama merek yang mudah untuk diingat dan logo yang unik dan mendukung brand. Hal tersebut dapat menjadi awal untuk memberikan gambaran mengenai identitas bisnis serta citra yang ingin disampaikan kepada konsumen.

Selain nama merek dan logo, sebaiknya menyertakan tagline unik yang akan menunjang branding bisnis Anda. Tagline yang dibuat akan mempresentasikan bisnis Anda dengan lebih jelas. Hasil akhir yang diharapkan ketika membuat tagline adalah ketika konsumen membaca tagline bisnis Anda, konsumen akan langsung mengingat produk atau layanan jasa dari usaha Anda.

  1. Memanfaatkan Media Sosial untuk Membuat Akun Bisnis

Media sosial adalah bagian penting dari marketing sebuah brand. Melalui media sosial, sebuah brand bisa berinteraksi dengan para konsumen dan calon konsumen secara langsung. 

Anda dapat menciptakan brand experience yang sesuai dengan keinginan konsumen dan melibatkan mereka menjadi bagian dari brand narrative Anda. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan rasa percaya konsumen kepada brand Anda yang lebih sulit dibangun melalui cara-cara marketing dan advertising tradisional.

Anda juga harus menyusun strategi yang tepat untuk menggunakan social media. Anda harus memastikan bahwa social media bisnis Anda aktif, yang berarti anda harus sering post dan jangan lupa untuk berinteraksi dengan followers Anda.

Selain waktu dan interaksi, Anda juga harus memperhatikan konten Anda. Topik yang Anda bahas di social media harus relevan sehingga banyak orang akan lebih tertarik membaca dan berinteraksi dengan Anda. Selain itu, Anda dapat memilih konten dan platform social media yang tepat tidak hanya akan membantu memperkuat brand Anda tetapi juga mencapai konsumen atau calon konsumen dengan lebih luas lagi.

  1. Memiliki Situs Web yang Bersahabat

Situs web merupakan salah satu yang paling sering digunakan oleh pasar untuk mengecek validitas sebuah brand. Ketika situs webnya terlihat terurus dan bersahabat, pasar juga akan merasa lebih yakin untuk mengenal brand lebih jauh. Maka dari itu, Anda dapat membuat situs web yang cocok diakses melalui PC maupun smartphone, dengan konten yang merepresentasikan segala informasi yang dibutuhkan oleh pasar mengenai brand dan informasi menarik lainnya.

  1. Menjalankan Konten dengan Influencer Marketing

Konten yang Anda buat akan membantu menetapkan Anda sebagai seorang expert di bidangnya, yang akan membantu meningkatkan brand awareness dan pada akhirnya menambah jumlah konsumen.

Tujuan dari content marketing disini untuk membantu bisnis Anda untuk menekankan citra dan pesan dari bisnis Anda. Untuk memulai content marketing langkah pertama yang bisa Anda ambil adalah membuat strategi yang jelas.

Cara menerapkan influencer marketing, yaitu mengajak para influencer yang memiliki pengaruh kuat terhadap para followers mereka untuk bekerja sama mempromosikan brand Anda. Jika Anda masih baru pertama kali menggunakan tips ini, ada baiknya Anda bekerja sama dulu dengan Influencer Management atau KOL Management. Anda juga bisa menggandeng salah satu best marketing agencies agar kampanye yang Anda terapkan bisa tepat sasaran.

Dengan ini, tidak hanya konten Anda membantu menekankan Anda sebagai seorang expert di bidangnya tapi juga membuat konten yang berguna dan mudah dibagikan yang pastinya akan meningkatkan kesuksesan brand Anda.


  1. Aktif dalam Expo atau Event

Aktif dalam expo dan bazar merupakan cara lain untuk ‘menyapa’ pasar. Dengan mengikuti acara sejenis bisnis Anda akan mendapatkan kesempatan untuk dikenal oleh masyarakat. Kalaupun saat ini terhalang pandemi, Anda tak perlu khawatir sebab pelaksanaan bazar dan ekspo bisnis sudah mulai dilakukan secara online.

Aktif dalam sebuah event menjadi salah satu tips membangun brand awareness sehingga ada lebih banyak orang yang dapat mengenal brand bisnis Anda, termasuk produk dan jasa yang Anda pasarkan. Melalui event, Anda akan berkesempatan untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan calon konsumen Anda. Orang-orang juga mendapat kesempatan untuk melihat dan mengenal brand Anda secara langsung. Untuk informasi mengenai penyelenggaraan pagelaran, event, bazar, dan sejenisnya, bisa dengan mengikuti komunitas khusus UKM atau dari media sosial.

Indikator Brand Awareness

Apa saja indikator berhasilnya sebuah promotional campaign? Berikut ini adalah indikator kualitatif dan kuantitatif yang dapat membantu Anda untuk mengevaluasi keberhasilan pemasaran untuk.

Terdapat 3 indikator yang dapat memberikan sedikit gambaran soal brand awareness yang tengah dibangun.

1. Trafik website, menunjukkan seberapa banyak pengunjung yang tertarik dan mengikuti merek Anda.

2. Engagement media sosial, yang dapat ditunjukkan lewat jumlah followers, like, retweet, dan komen yang terus meningkat.

3. Anggapan orang lain tentang merek. Ketika orang berkata bahwa merek Anda buruk, maka impresi negatif dapat menular ke calon konsumen yang lain. Sebaliknya, ketika pelanggan puas maka bisa jadi ada calon konsumen yang akan terkonversi.

https://store.sirclo.com/blog/cara-meningkatkan-brand-awareness/

https://www.dewaweb.com/blog/brand-awareness/


Latest Projects