Pengaruh Finansial Teknologi Bagi Para Pelaku UMKM dalam Meningkatkan Perekonomian Indonesia Pasca Covid-19 | Total IT

Pengaruh Finansial Teknologi Bagi Para Pelaku UMKM dalam Meningkatkan Perekonomian Indonesia Pasca Covid-19

By NV | 22 Mei 2023

Dengan adanya teknologi finansial ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan sektor penting dalam perekonomian nasional akan dengan mudah melakukan proses transaksi dan dengan waktu yang cepat. 


Fintech atau Financial Technology adalah sebuah industri yang menggabungkan teknologi dan keuangan. Fintech menjadi salah satu inovasi teknologi yang hadir dalam bidang keuangan. Fintech membantu memberikan solusi keuangan digital yang bisa mendorong pemulihan ekonomi Indonesia. Untuk itu, kolaborasi antara fintech dan UMKM menjadi sangat penting dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19.

Adapun beberapa jenis fintech yang berkembang di indonesia seperti, crowdfunding, micro financing, digital payment system, e-aggregator, P2P lending, pinjaman online, dan juga manajemen risiko dan investasi.

Laporan Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) menunjukkan bahwa hingga 59% masyarakat Indonesia berpenghasilan rendah hingga menengah menggunakan teknologi keuangan atau fintech. Sementara itu, laporan ini menunjukkan bahwa 62% operator fintech mengaku telah melayani usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dari angka tersebut, 42% perusahaan fintech melaporkan nilai transaksi UMKM menembus Rp 80 miliar.  


Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa fintech berperan penting dalam mendukung bisnis para pelaku UMKM. Fintech memfasilitasi bisnis UKM di berbagai bidang, mulai dari pemberi pinjaman, pembayaran tunai, laporan keuangan digital, investasi, dan lain-lain. Akses yang mudah dan cepat membuat fintech digemari oleh masyarakat. UKM harus memiliki keterampilan digital untuk mengadopsi teknologi fintech sehingga mereka dapat mempertahankan bisnisnya dan bersaing dengan para pesaingnya. 


Namun, perlu diingat bahwa dalam menggunakan fintech, edukasi dan edukasi keuangan masyarakat menjadi hal yang sangat penting. Masyarakat perlu memahami risiko dan manfaat menggunakan fintech agar tidak terjerumus ke dalam fintech ilegal. Literasi keuangan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membuat keputusan keuangan yang bijaksana. 

Latest Projects