Kenal Lebih Dekat dengan Teknologi Cloud Computing | Total IT

Kenal Lebih Dekat dengan Teknologi Cloud Computing

By NV | 11 Mei 2023

Cloud computing dapat memberikan banyak  manfaat bagi penggunanya, seperti kemudahan mengakses informasi dan data melalui internet serta kemudahan menjalankan program tanpa harus melakukan pemasangan terlebih dahulu. Cloud computing sendiri dapat bersifat public dan private.

Dengan adanya Cloud Computing, pengguna dapat mengakses penyimpanan file di ‘awan’ ataupun ruang virtual dari server jarak jauh kapanpun dan dimanapun selama terdapat jaringan internet. 

Kelebihan Cloud Computing

Fleksibilitas

Dengan menggunakan cloud computing, pengguna akan mendapatkan fleksibilitas yang sangat luar biasa karena data dapat diakses dari mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan koneksi internet.


Skalabilitas

Layanan cloud dapat dengan mudah untuk diatur sesuai kebutuhan. Misalkan terjadi lonjakan pengunjung, pengguna dapat dengan mudah untuk menambah resource yang ada. Ketika sudah tidak terjadi lonjakan pengguna dapat mengaturnya kembali ke setelan semula.


Keamanan Data & Pemulihan Bencana

Penyedia layanan cloud computing menawarkan berbagai layanan keamanan bersertifikasi dan juga memiliki sistem mitigasi bencana sehingga dapat memberikan rasa kenyaman dan keamanan pengguna.

Penghematan Biaya

Salah satu kelebihan dari cloud computing adalah pengguna dapat mengatur apa yang dibutuhkan dan membayar sesuai dengan yang digunakan saja, sehingga tidak mubazir. Dan dengan penggunaan cloud computing pelanggan tidak perlu menginvestasikan uang lebih banyak untuk infrastruktur perangkat seperti harddisk, server, dan hardware lainnya. Kemudian pengguna juga bebas dari biaya maintenance sehingga lebih hemat dan praktis.


Contoh layanan cloud computing

SaaS (Software as a Service)

Software as a Service merupakan model layanan memberikan lisensi perangkat lunak seperti metode subscription atau langganan. Setelah mendapatkan lisensi pengguna dapat menikmati semua fitur yang tersedia Contoh dari SaaS adalah Microsoft Office 365, Dropbox, Adobe Creative Cloud, dll.


IaaS (Infrastructure as a Service)

Infrastructure as a Service merupakan layanan server seperti data virtual data center. Dengan menggunakan layanan ini pengguna dapat menyimpan data secara aman di server virtual mulai dari skala kecil hingga besar untuk menunjang infrastruktur yang lebih kompleks dengan fungsi, sistem operasi, dan spesifikasi virtual mesin yang berbeda. Contoh dari IaaS adalah Virtual Data Center by Cloudmatika.


PaaS (Platform as a Service)

Platform as a Service merupakan layanan berbentuk platform yang bisa digunakan untuk kebutuhan membuat aplikasi atau perangkat lunak meliputi database engine, sistem operasi, network, dll. Salah satu fitur utama dari PaaS adalah pengguna dapat membangun aplikasi sendiri dengan berbagai fitur dan fasilitas yang tersedia, salah satu fitur utamanya adalah skalabilitas yang tinggi. Dengan kata lain tidak perlu risau ketika terjadi lonjakan pengguna karena penyedia PaaS akan membantu masalah tersebut. Contoh dari PaaS adalah IBM Bluemix,  Google Cloud Platform, dan AWS Elastic Beanstalk.


Contoh layanan cloud computing yang dapat digunakan

- Indonesia Cloud

- Amazon Web Service(AWS)

- Microsoft Azure

- IBM Cloud

- Alibaba Cloud

Latest Projects