Berinternet private dan aman dengan VPN | Total IT

Berinternet private dan aman dengan VPN

By NV | 12 Juni 2023

Pada awalnya VPN dibuat dengan tujuan untuk mengkoneksikan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan dapat menggunakan jaringan kantor dari rumah atau tempat lain. Namun, kini VPN telah banyak digunakan oleh masyarakat umum. Dengan tujuan untuk mendapatkan koneksi ke internet secara aman, pribadi (private), dan dapat mengakses suatu jaringan secara remote.

Kegunaan VPN

  • Privasi

Apabila tidak menggunakan Virtual Private Network (VPN), data pribadi Anda, seperti kata sandi, informasi kartu kredit, dan riwayat penjelajahan, berpotensi direkam dan diperjualbelikan oleh pihak ketiga. Dalam hal ini, VPN menggunakan metode enkripsi untuk menjaga kerahasiaan informasi tersebut, terutama ketika terhubung melalui jaringan Wi-Fi publik. 

  • Anonimitas

Informasi tentang lokasi dan aktivitas penjelajahan Anda terdapat dalam alamat IP Anda. Semua situs web di internet dapat melacak data ini menggunakan cookie dan teknologi serupa. Dengan demikian, situs web dapat mengenali identitas Anda setiap kali Anda mengunjunginya. Namun, melalui koneksi VPN, alamat IP Anda akan disembunyikan sehingga Anda dapat menjaga anonimitas saat berselancar di internet. 

  • Keamanan

Layanan VPN menggunakan kriptografi untuk melindungi koneksi internet Anda dari akses yang tidak sah. Selain itu, layanan tersebut juga berfungsi sebagai mekanisme shut-down yang akan menghentikan program yang telah dipilih sebelumnya jika ada aktivitas internet yang mencurigakan. Fitur ini membantu mengurangi kemungkinan terjadinya penyusupan data. Lebih lanjut, fitur ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan akses jarak jauh kepada pengguna yang sah melalui jaringan bisnis mereka.


Jenis VPN

  • Personal VPN 

VPN jenis ini juga dikenal sebagai VPN konsumen atau VPN komersial. Personal VPN memfasilitasi pengguna dalam terhubung ke internet publik dengan menggunakan koneksi yang terenkripsi melalui server VPN. Fokus utama dari personal VPN adalah untuk menjaga privasi online dan mengatasi pembatasan geografis.


Dalam hal penggunaan komersial, personal VPN dapat dengan mudah diatur pada berbagai perangkat, termasuk PC, laptop, konsol game, dan perangkat seluler. Contoh-contoh layanan personal VPN meliputi NordVPN, ExpressVPN, dan Surf Shark.

  • Site-to-Site VPN https://www.hostinger.co.id/tutorial/vpn-adalah

Jenis VPN ini mengintegrasikan dua jaringan yang berada di lokasi yang berbeda. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan memiliki dua kantor di Eropa dan Asia, VPN site-to-site dapat menghubungkan kedua jaringan pribadi perusahaan tersebut.


Banyak perusahaan global yang memanfaatkan kombinasi antara VPN site-to-site dan remote access VPN. VPN site-to-site menggabungkan semua jaringan pribadi perusahaan di seluruh dunia, sementara VPN remote access memungkinkan karyawan untuk mengakses semua jaringan tersebut secara bersamaan.

  • Remote Access VPN

VPN remote access adalah VPN yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan jaringan pribadi atau lokal. Biasanya, jenis VPN ini banyak digunakan oleh karyawan agar dapat terhubung secara aman ke jaringan kantor dan mengakses data serta file perusahaan.


VPN remote access sangat ideal bagi pekerja remote dan karyawan yang sedang bekerja dari rumah (working from home). Hal ini memungkinkan mereka untuk mengakses file pekerjaan seolah-olah mereka berada di kantor. Aspek enkripsi juga sangat penting untuk menjaga keamanan data yang sensitif milik perusahaan saat terhubung melalui hotspot Wi-Fi publik.



  • Gunakan jaringan yang aman

Sama seperti VPN remote access, mobile VPN sering digunakan oleh karyawan untuk terhubung ke jaringan bisnis perusahaan mereka dari jarak jauh.


Perbedaan utama diantara keduanya adalah mobile VPN akan tetap terhubung bahkan jika pengguna mengubah koneksi internetnya atau tidak terhubung ke internet sama sekali. Oleh karena itu, mobile VPN sangat direkomendasikan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi atau koneksi yang tidak stabil.

Kapan harus menggunakan VPN?

  • Saat sedang menggunakan koneksi WiFi publik.

  • Ketika ingin menyembunyikan aktivitas terhadap orang-orang yang ingin mencoba mengetahui Anda lebih dalam secara sembunyi-sembunyi.

  • Bekerja secara remote

  • Saat akan menjelajah internet sebagai anonim pada suatu situs web.




Latest Projects