Bedah Teknologi Canggih di Balik Mobil Listrik Pertama Xiaomi | Total IT

Bedah Teknologi Canggih di Balik Mobil Listrik Pertama Xiaomi

By NV | 10 Januari 2024

Lei Jun, pendiri, ketua dan CEO Xiaomi Group, mengatakan upaya Xiaomi untuk memasuki industri otomotif merupakan lompatan strategis yang signifikan dalam industri ponsel pintar dan merupakan langkah penting dalam meningkatkan ekosistem pintar Manusia x Mobil x Rumah.


“Xiaomi telah meningkatkan investasi hingga sepuluh kali lipat, di mulai dari pengembangan teknologi inti fundamental, dalam komitmen untuk membangun kendaraan yang luar biasa. Dalam 15 hingga 20 tahun ke depan, Xiaomi bertekad menjadi salah satu dari lima produsen mobil global teratas,”  kata Lei Jun.


Xiaomi EV mengadopsi pendekatan komprehensif yang menggabungkan manufaktur industri, perangkat lunak cerdas, dan kecerdasan buatan untuk mendefinisikan kembali standar industri otomotif.


Berikut teknologi di balik mobil listrik Xiaomi SU7:


Baterai Inovatif

Xiaomi juga mengembangkan teknologi baterai CTB terintegrasi menggunakan Inverted Cell Technology dengan efisiensi integrasi 77,8%, peningkatan kinerja total 24,4%, dan kapasitas maksimum 150 kWh. Secara teori, kemampuan inovatif tersebut mampu mendukung pengoperasian mobil listrik untuk jarak lebih dari 1.200 km. 


Xiaomi EV juga dilengkapi dengan Battery Management System (BMS) internal dengan ASIL-D sebagai tingkat keamanan fungsional tertinggi. Sistem ini mencakup tiga tampilan dan alarm peringatan panas independen serta sistem peringatan dini 24 jam. Setiap baterai Xiaomi memiliki keandalan terdepan di industri dan lulus uji keamanan paling ketat, termasuk lebih dari 1.050 pemeriksaan keamanan dan 96 kali durasi uji ketahanan berstandar internasional.


Xiaomi Die-Casting

Grup Xiaomi Die-Casting T9100 dengan material die-casting alloy eksklusif Xiaomi Titans Metal, menjadikan Xiaomi satu-satunya pabrikan mobil dalam negeri yang melakukan penelitian sendiri terhadap die-casting dan material berukuran besar. Area T9100 yang memiliki luas 840 meter persegi dan berat 1050 ton ini memiliki kapasitas penguncian 9100 ton. 


Penggunaan cluster ini telah membawa kemajuan signifikan pada Xiaomi EV, menggabungkan 72 komponen di bagian bawah belakang menjadi satu unit, mengurangi sambungan las sebesar 840, mengurangi total bobot mobil sebesar 17% dan secara signifikan . mengurangi waktu produksi. dengan 45 persen.Xiaomi Titans Metal merupakan material die-cast dengan ketahanan, elastisitas, dan tahan panas yang tinggi. Ketika fokus industri masih pada cetakan injeksi, Xiaomi mengambil pendekatan komprehensif, penelitian independen yang melibatkan material, kelompok peralatan dan produksi pengecoran, dan menyelesaikan hampir semua aspek rantai industri cetakan injeksi yang besar.


Smart Cabin Xiaomi

Xiaomi EV Smart Cabin menampilkan arsitektur komunikasi yang berpusat pada manusia dengan komponen teknologi canggih seperti konsol tengah 3K 16,1 inci, proyeksi HUD 56 inci, dan panel putar 7,1 inci. Didukung oleh chipset Snapdragon 8295 dan kecerdasan buatan hingga 30 TOPS, kabinnya menawarkan pengalaman interaktif mendalam yang menghubungkan hingga lima layar berbeda.


Desain yang ramah pengguna memungkinkan adaptasi cepat tanpa kurva pembelajaran. Sistem OS kendaraan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi utama, termasuk ekosistem aplikasi tablet Xiaomi, dan mendukung lebih dari 5000 aplikasi. Xiaomi SU7 juga mendukung lebih dari 1000 perangkat rumah pintar Xiaomi, menciptakan ekosistem CarIoT yang kuat. Interior mobil dilengkapi port ekspansi untuk fungsionalitas plug-and-play dan dukungan penuh untuk CarPlay, docking iPad, dan aplikasi di rak ekspansi belakang, menawarkan pengalaman kokpit cerdas yang komprehensif dan dapat disesuaikan kepada pengguna.


Terobosan E-Motor

Xiaomi menghadirkan HyperEngine V6/V6s dan HyperEngine V8s, tiga motor listrik dengan teknologi inovatif seperti teknologi pendingin oli dua arah, desain sirkuit oli berbentuk S, dan laminasi baja silikon bertingkat, yang mampu bersaing dengan model V8 dan V6 tradisional. mesin yang diwarisi dari era mesin pembakaran dalam.


HyperEngine V8 dengan kecepatan maksimal 27.200 rpm, tenaga 425 ribu kW, dan torsi maksimal 635 Nm langsung mencetak rekor dunia sepeda motor listrik. Dengan kecepatan 21.000 rpm, HyperEngine V6/V6s melebihi kemampuan motor listrik yang diproduksi secara massal sebelumnya, menghasilkan tenaga dan torsi yang luar biasa.


Xiaomi Pilot Autonomous Driving

Sebagai pemimpin teknologi global, Xiaomi memiliki keunggulan dalam mengembangkan teknologi perangkat lunak cerdas yang menggabungkan industri otomotif dan elektronik konsumen dengan inovasi terdepan dalam kendaraan otonom. Teknologi-teknologi ini mencakup teknologi Adaptive BEV yang revolusioner untuk deteksi berbasis skenario, Model Dasar Pemetaan Jalan, yang mengubah cara tradisional dalam mendeteksi kondisi jalan secara real-time, dan teknologi Super-Res Occupancy Network yang sangat canggih untuk menentukan lokasi hambatan.


Dengan perangkat keras canggih termasuk chip Orin NVIDIA, LiDAR, 11 kamera definisi tinggi, radar tiga millimeter, dan sensor ultrasonik, sistem penggerak otonom all-in-one Xiaomi dirancang untuk menjadi pemimpin industri hingga tahun 2024.


Selain itu, Xiaomi telah mengembangkan model AI yang disebut "Penginderaan dan Pengambilan Keputusan End-to-End"; Sistem parkir otomatis pertama di dunia memungkinkan pemantauan waktu nyata dan penyesuaian dinamis dalam skenario parkir yang kompleks. Berkomitmen terhadap keunggulan dalam perangkat lunak dan perangkat keras, Xiaomi memposisikan dirinya sebagai pemain kunci dalam lanskap mengemudi otonom yang cerdas, yang siap mengubah standar industri di tahun-tahun mendatang.

Latest Projects