5 Tips Sukses Memulai Bisnis Online di Rumah | Total IT

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Online di Rumah

By NV | 12 April 2023

Keinginan masyarakat untuk membeli produk secara online juga menimbulkan banyak permintaan kebutuhan konsumen. 


Bisnis online merupakan jenis usaha yang berkembang, semakin banyak diminati oleh setiap individu. Mempunyai bisnis online akan mendatangkan cuan besar, menjalankan pun tidak dan hanya bermodalkan internet.

Anda Ingin memulai bisnis online? Hal ini tidak serumit yang dibayangkan. Bahkan, kita semua dapat menjalankan bisnis dan mulai menghasilkan uang dalam waktu yang relatif singkat.

Bisnis online merupakan bisnis yang menggunakan media internet sebagai media pemasaran suatu barang maupun jasa. Produk yang dijual berupa produk barang, produk digital dan jasa. Contohya bisa pakaian, makanan, software, jasa pemasangan iklan, jasa penerjemah dan lain sebagainya.

Nah, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk merintis usaha online di rumah, berikut ini 5 tips sukses untuk memulai usaha online di rumah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. 

Memilih Bidang Usaha Sesuai Passion

Setiap orang punya passion yang berbeda. Passion adalah gairah besar, semangat, spirit yang dapat menggerakkan seseorang secara sadar, meski sejuta kendala menghadang, untuk melakukan sesuatu. Orang yang memiliki passion di bidang seni akan lebih bersemangat untuk melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesenian. Misalnya, mendengarkan genre musik tertentu,  melukis, menonton film, pertunjukan teater, mengoleksi benda-benda bernilai seni, dan sebagainya. Nah, sebaiknya pilihlah bidang usaha yang sesuai dengan passion pada saat Anda merintis usaha online di rumah. 

Perhitungkan Modal Usaha

Modal usaha harus diperhatikan sejak awal perencanaan usaha. Ini memungkinkan Anda memperkirakan skala usaha, kecepatan arus kas, durasi waktu untuk balik modal, dan mengevaluasi perkembangan usaha Anda. Gunakan modal yang optimal dalam bentuk uang. Misalnya, jika Anda bisa menggunakan barang-barang di rumah, jangan terburu-buru membeli barang yang sama. 

Tentukan strategi penjualan

Ada baiknya untuk mengetahui siapa target market, konsep jualan, biaya pengiriman, cara pembayaran, proses pengiriman, sehingga mudah dalam menentukan tarif atau harga akhirnya. Selain itu, bisa juga memilih strategi promosi dan pemasaran lewat internet.

Informasi yang diberikan berpengaruh dalam menentukan tingkat penjualan, karena informasi dan keberadaan kita akan menambah kepercayaan konsumen. Tak hanya itu, tentukan sarana apa yang akan digunakan untuk berjualan, misalnya blog atau website untuk memberikan penawaran produk atau jasa kepada konsumen.

Tentukan visi dan misi

Mempunyai visi dan misi bisnis sangatlah penting berguna untuk mengetahui kelebihan bisnis kamu dengan jenis bisnis yang serupa dengan bisnis orang lain.

Selain itu, memiliki visi dan misi bisnis yang akan melancarkan pebisnis untuk melakukan segala kegiatan promosi dan kegiatan pemasaran lainnya, serta konsumen terkadang perlu mengetahuinya juga.

Berikan Pelayanan Terbaik untuk Konsumen

Pengalaman konsumen dalam berbelanja, menggunakan produk, dan pengiriman barang, akan menjadi alasan mereka untuk melakukan repeat order untuk pesanan berikutnya. Oleh karena itu, berikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen. Ini merupakan tips yang sangat penting diperhatikan bagi setiap usaha rumahan, baik yang baru merintis usaha maupun yang sudah berkembang. Pelayanan terbaik yang diterima oleh konsumen bakal menjadi bahan promosi gratis bagi produk usaha Anda. Sebab, konsumen akan menceritakan pengalamannya itu kepada pasangan, keluarga, teman, dan lain-lain.  

Saluran Bisnis Online

Setelah mendalami poin-poin diatas, selanjutnya kamu dapat memilih berbisnis online melalui website, sosial media atau marketplace.

Bisnis Online di Website

Website dapat Anda jadikan tempat untuk berjualan seperti toko pada umumnya. Pengunjung dapat membeli, melihat, menghubungi penjual dan mengetahui kelengkapan produk melalui website.

Bisnis online di website menjadi andalan para pebisnis karena mempunyai kelebihan pengenalan brand yang baik, pemasarannya bisa sampai luar negeri, bisa mengetahui detail tentang perusahaan, CV dan dengan baik, kebebasan desain, tidak terbatas oleh ruang dan sebagainya.

Bisnis Online di Media Sosia

Awalnya, media sosial digunakan sebagai media komunikasi. Lambat laun media sosial juga digunakan untuk berbisnis online, tidak lagi menyebarkan foto saja.

Bisnis online di media sosial semakin populer karena mudah dan setiap akun sudah memiliki pengikut tetap sehingga ketika akan menjual suatu barang, kamu merupakan perantara untuk mengenalkan produk yang dijual. Bahkan, kamu bisa menggunakan akun pribadi untuk berjualan dan pelanggan pertama yang membeli adalah temanmu sendiri

Sebaiknya jika ingin memakai akun pribadi, ubahlah di pengaturan ke akun bisnis karena terdapat berbagai fitur untuk menunjang bisnis online Anda. Misalnya, fitur melacak performa bisnis, melihat demografi pembeli, promosi dan lainnya.

Sayangnya, di balik semua kemudahannya, bisnis online di media sosial mempunyai kelemahan dengan terbatasnya kontrol, rajin promosi ke orang lain agar dikenal dan harus kreatif membuat akun tampil mencolok dari yang lain sehingga dilirik oleh calon pembeli.

Bisnis Online di Marketplace

Marketplace merupakan sarana perantara antara penjual dan pembeli untuk berjualan online. Memulai bisnis online di marketplace juga cukup populer karena mudah dan gratis. Kamu tinggal memilih marketplace mana yang akan digunakan.

Caranya cukup mudah, mendaftarkan diri, memasang produk, dan tunggu pembeli datang bertransaksi. Beberapa marketplace di Indonesia ini cukup banyak digunakan oleh penjual online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Blibli.


Latest Projects